Kamis, 08 September 2022

Stadium General Prodi IAT Go Internasional

 


Batusangkar.FUAD - Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Mahmud Yunus Batusangkar mengadakan kuliah umum pada Rabu (7/9) di Aula FUAD. Kuliah umum atau yang disebut juga dengan Stadium General Mahasiswa IAT ini mendatangkan Syaikh Eid Ali Elnadi yang berasal dari Universitas Al Azhar Kairo Mesir sebagai pemateri..
Kuliah Umum ini dimulai dengan pembacaan kalam ilahi dan doa oleh perwakilan salah seorang mahasiswa IAT, serta dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi IAT Hafizullah, M.A. Dalam sambutannya, Ketua Prodi IAT menyampaikan agar seluruh mahasiswa yang hadir dapat menyimak dengan baik karena ini merupakan kesempatan berharga bisa bertatap muka secara langsung dengan Syaikh Eid Ali Elnadi. 

"Kuliah umum bersama Syaikh dari Al Azhar Mesir ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa IAT, yang langsung berkomunikasi dengan native speaker dari Arab, bagaimana mahasiswa mampu merasakan suasana kuliah berbahasa Arab, diskusi dengan berbahasa Arab", ungkap Hafizullah, M.A.

Dibuka langsung oleh Dekan FUAD Dr. Akhyar Hanif, M.Ag, kegiatan ini berjalan secara bilingual menggunakan bahasa Arab dan bahasa Indonesia dengan penterjemah salah seorang Dosen IAT yakni Yogi Imam Perdana, Lc., M.Ag yang merupakan alumni dari Universitas Al Azhar Kairo.
Kegiatan Kuliah Umum yang dihadiri 150 orang mahasiswa IAT ini berjalan dengan lancar dan banyak ilmu yang diberikan oleh pemateri. Pada akhir sesi mahasiswa diberikan nasehat mengenai keikhlasan dalam menuntut ilmu.

"Kuliah bersama Syeikh yang bertemakan Ilmu dan Syeikh juga memberikan nasihat di akhir pertemuan tentang keikhlasan dalam menuntut ilmu", Ungkap Ketua HMJ IAT.

Harapannya, kuliah umum seperti ini agar dapat dilakukan oleh mahasiswa IAT untuk seterusya bukan hanya kali ini saja agar dapat memberikan pengalaman berbeda bagi mahasiswa yang selama ini bertatap muka di kelas bersama para Dosen.

"Semoga tidak hanya di kuliah umum ini saja mahasiswa IAT dapat pertemuan tatap muka dengan Syaikh Eid Ali, namun juga di kesempatan lain serta IAT dapat mendatangkan pemateri-pemateri lain dengan taraf internasional", tutup Hafizullah, M.A. (JH)







SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :