Rabu, 24 April 2019

Visiting Doctor IAT Tekankan Pentingnya Peran Ulama di Indonesia


FUAD, BATUSANGKAR – Untuk pertama kalinya Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar mengadakan kegiatan Visiting Doctor pada Rabu (24/4). Bertempat di Kampus 2 IAIN Batusangkar, kegiatan diskusi ilmiah tersebut mengangkat tentang petingnya peran ulama dalam membangun moral politik bangsa Indonesia.

“Ulama ini memegang peranan penting dalam membangun moral bangsa ini. Bagaimana tidak, ulama dalam Al-Quran disebutkan sebanyak 2 kali yaitu pada Surat Fathir ayat 28 dan Surat Asyura ayat 197. Ulama inilah yang memiliki ilmu yang dalam, baik ilmu agama maupun ilmu umum,” ungkap Dr. Athiya Ulya, M.Ag dari UIN Syarif Hidayatullah sebagai narasumber utama kegiatan Visiting Doctor.



Athiya menuturkan, dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa ulama tidak hanya mereka yang menguasai ilmu agama namun juga paham dengan ilmu lainnya. Ulama merupakan orang yang hanya takut kepada Allah, senantiasa melakukan amar maruf nahi munkar.

“Karakteristik dari ulama itu sendiri yaitu ikhlas mengamalkan ilmunya, bersifat wara’ (berhati-hati), menyampaikan ilmunya dan mampu mengajak masyarakat kepada kebaikan. Tidak hanya itu, ulama ini juga mengemban visi kenabian untuk menciptakan rahmat bagi seluruh alam dan menyempurnakan akhlak,” lanjut Athiya.

Kegiatan Visiting Doctor ini sendiri disambut antusias oleh para mahasiswa. Sebanyak 82 mahasiswa Jurusan IAT ikut dalam kegiatan ilmiah tersebut. Tak hanya itu, para dosen IAT juga ikut terlibat dalam kegiatan ini.



“Ini kegiatan pertama kalinya di Jurusan IAT. Sebelumnya Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah juga sudah menyelenggarakan beberapa kegiatan Visiting Doctor di jurusan-jurusan yang ada di FUAD sejak 20 Februari 2019 lalu. Kita berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa kita di sini,” ujar Drs. Syamsuwir, M.Ag selaku Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Syamsuwir menerangkan, untuk kegiatan Visiting Doctor di Jurusan IAT bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, keahlian dan pemahaman para mahasiswa Jurusan IAT tentang pentingnya peran ulama dalam membangun moral politik bangsa. “Bekal penting ini yang kita kasih ke mahasiswa karena mereka calon-calon ulama bangsa ini,” pungkasnya. []


SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :